<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » GIGI DAN MULUT SEHAT UNTUK KUALITAS HIDUP YANG LEBIH BAIK PADA HARI KESEHATAN GIGI 2012

GIGI DAN MULUT SEHAT UNTUK KUALITAS HIDUP YANG LEBIH BAIK PADA HARI KESEHATAN GIGI 2012




Kamis, 06 September 2012, 13:33

Hari kesehatan gigi dunia dan nasional yang tahun ini diperingati pada 12 september 2012, Kementerian Kesehatan R.I. menyampaikan tema “GIGI DAN MULUT SEHAT UNTUK KUALITAS HIDUP YANG LEBIH BAIK." Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional bukan saja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kesehatan giginya namun juga menjadi media bagi tenaga kesehatan gigi di lndonesia untuk melayani masyarakat. Kegiatan ini diharapkan menjadi pendorong membuat untuk terobosan - terobosan baru dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat.
 Pada edaran yang disampaikan oleh Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan R.I. dikemukakan bahwa, peringatan hari kesehatan gigi dan mulut nasional dan se dunia dilaksanakan dalam rangka menunjang peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat dalam tingkat global. Selanjutnya dihimbau agar melakukan kegiatan dan inisiatif khusus yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan umum maupun kehidupan sosial.

 Hari kesehatan gigi dan mulut se dunia (world oral health day) diperingati setiap tahun pada tanggal 12 September. Pemilihan tanggal 12 september menjadi hari kesehatan gigi dan mulut se dunia berdasarkan pertimbangan pada tanggal 12 september 1978 berlangsung  Konperensi Internasional WHO mengenai pelayanan kesehatan primer yang menghasilkan dokumen bersejarah piagam Alma Alta. Selain itu tanggal tersebut juga untuk menghormati pendiri FDI World Dental Federation, Dr Charles Gordon, yang lahir pada 12 september 1854. Berdasarkan pertimbangan tersebut kemudian FDI World Dental Federation yang menghimpun organisasi profesi dokter gigi se dunia dalam sidang umum pada  26 oktober 2007 di Dubai menetapkan 12 september sebagai hari kesehatan gigi dan mulut se dunia. Setelah itu sejak tahun 2008 setiap tahun pada tanggal 12 september berlangsung peringatan hari kesehatan gigi dan mulut se dunia.

 Pada peringatan Hari Kesehatan Gigi tahun 2012, secara nasional akan diperingati dengan kegiatan Bulan Kegiatan Gigi Nasional (BKGN) 2012 yang dilaksanakan atas kerja sama PDGI dengan AFDOKGI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi se Indonesia) dan PT Unilever Indonesia. Kegiatan ini menjadi penting mengingat tingkat kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut masih rendah di kalangan masyarakat Indonesia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2007 yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan R.I. menunjukkan, masyarakat Indonesia rata-rata memiliki kurang lebih 5 gigi rusak setiap orangnya. Dilaporkan juga, dari gigi yang rusak tersebut hanya 0,7% yang telah ditambal. Beberapa temuan ilmiah menunjukkan adanya kaitan antara kesehatan gigi dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk penyakit jantung, diabetes, stroke, dan gangguan kehamilan. Dengan meningkatkan kualitas kesehatan gigi akan dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik.

Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2012 akan dicanangkan di Denpasar pada 12 September 2012 dan berlangsung hingga awal November 2012. Kegiatan yang berlangsung pada  BKGN 2012 meliputi bakti sosial kesehatan gigi di 15 FKG dan cabang-cabang PDGI di berbagai tempat di Indonesia, kegiatan sikat gigi bersama, publikasi mengenai kesehatan gigi pada media massa,  ceramah, seminar, dan penyuluhan kesehatan gigi. Di samping itu terhadap pasien peserta bakti sosial akan dilakukan penelitian dalam rangka peningkatan upaya pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

sumber : http://www.pdgi.or.id/news/detail/gigi-dan-mulut-sehat-untuk-kualitas-hidup-yang-lebih-baik-pada-hari-kesehatan-gigi-2012
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. jurnal Dan Materi Kedokteran Gigi . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger